Rabu, 27 Maret 2019

Jangan Disepelekan, Ternyata Main Game Ada Manfaatnya Bagi Anak

Jangan Disepelekan, Ternyata Main Game Ada Manfaatnya Bagi Anak

Pada saat kita merasa penat, bermain game bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan kejenuhan. Zaman dulu, kita bisa bermain game dengan perangkat Nintendo atau Play Station dengan berbagai macam game yang ada di dalamnya, seperti Mario Bros dan Crash Bandicoot. Namun era digital kini menggeser perangkat juga cara kita bermain game. Kini bertebaran ribuan game yang banyak dimainkan oleh kaum milenial seperti game-game online yang ada di portal Gemscool.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun banyak yang kecanduan bermain game. Dengan adanya fasilitas smartphone, banyak anak yang lupa waktu karena seharian bermain game. Pada saat-saat tertentu, anak akan asyik sendiri sehingga pemakaian smartphone pun menjadi cukup lama.  Tak jarang hal ini menimbulkan kekhawatiran khususnya bagi para orang tua.

Terlalu sering bermain game biasanya memberi kesan buruk pada anak. Anak yang sering bermain game selalu dicap sebagai pemalas. Bagaimana tidak, kita sering melihat sepulang sekolah anak memegang smartphone atau memainkan laptop hanya untuk bermain game, misalnya Point Blank dari Gemscool, hingga terkadang lupa mengerjakan pekerjaan rumah.

Sebelum memarahi dan melarang anak bermain game, lebih baik kenali dulu beberapa manfaat dari bermain game, ternyata bermain game tidak selalu memberikan dampak yang buruk. Berikut adalah ulasannya.

1. Mengasah Otak

Bermain game strategi dapat membantu mengasah otak anak. Game jenis ini memaksa anak untuk berpikir dalam mengatur strategi permainan. Contoh game strategi ini diantaranya Mobile Legend, AOV, Clash of Clan, dan masih banyak lagi.

2. Mengurangi Stres

Dengan bermain game, pikiran anak akan teralihkan dengan sesuatu yang lebih menyenangkan. Jadi, bermain game bisa menjadi solusi ketika anak merasa jenuh dengan rutinitas sekolah maupun aktifitas rumah.

3. Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris

Sebagian besar gampe-game yang kita mainkan adalah game yang menggunakan pengantar bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Jika anak malas untuk belajar atau les Bahasa Inggris, berikan saja ia game edukatif yang menggunakan Bahasa asing ini.

4. Melatih Kerjasama tim

Game-game yang memerlukan kerjasama tim biasanya dilakukan secara online, sebut saja permainan Mobile Legend. Permainan ini membutuhkan kerjasama tim untuk menghancurkan tower lawan. Jika kerjasama tidak dilakukan, maka bersiap-siap saja untuk kalah. Game sejenis ini cocok untuk melatih kekompakan bagi anak.

5. Melatih Kesabaran dan Kegigihan

Bermain game pun butuh kesabaran. Anak akan dihadapkan dengan berbagai tantangan saat bermain game. Ketika ia kalah dalam permainan, maka sikap pantang menyerah biasanya muncul. Dalam hal ini, secara tidak langsung anak sedang dilatih kesabarannya.

6. Melatih Aktifitas Fisik

Ada beberapa game yang mengharuskan kita untuk bergerak dan melakukannya di luar ruangan, contohnya game dengan fitur Augmented Reality (AR). Selain itu, ada juga konsol interaktif seperti Nintendo Wii atau Xbox Kinect yang mengharuskan adanya pergerakan agar game terus berjalan. Game jenis ini sangat cocok bagi anak yang tidak terlalu aktif.

Itulah serangkaian manfaat bermain game bagi anak. Namun, orang tua juga harus mengawasi dan memperhatikan jenis game apa yang anak mainkan, karena tidak semua game dapat dimainkan oleh anak-anak. Pilihlah game sesuai dengan umur anak. Kalau menghendaki game online dan ingin tetap berhemat, mungkin Gemscool bisa jadi pilihannya.

0 komentar:

Posting Komentar