Rabu, 03 April 2019

5 Saran Bagus Dilakukan agar Tidak "Jet Lag"

5 Saran Bagus Dilakukan agar Tidak "Jet Lag"

Berlibur atau traveling ke luar negeri adalah hal yang menyenangkan. Namun, kita tak boleh melupakan bahwa kita akan menghadapi lintas zona waktu. Tubuh akan kaget dan bingung karena bereaksi untuk menstabilkan diri. Perasaan aneh ini akan membuat kita kehilangan nafsu makan, merasa lesu, dan sulit menyesuaikan diri. Nah, bagi Anda yang mengalaminya, ini dia cara memulihkan tubuh dari jet lag:

1. Olahraga yang rutin
Jika kita memiliki kehidupan fisik yang aktif atau rutin berolahraga, maka kita tidak akan merasakan jet lag yang terlalu parah. Kalaupun kita bukan seorang yang rutin berolahraga, menjelang perjalanan ke luar negeri yang akan kita tempuh, cobalah untuk berolahraga ringan sebentar untuk mengurangi dampak jet lag nantinya.

2. Mencoba menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru
Mau tidak mau, kita harus mencoba menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Mulailah tidur lebih awal atau tidur larut malam untuk mengatasi jet lag. Namun, jangan memaksakan diri jika tidak berhasil. Beristirahatlah lebih banyak sebagai penggantinya.

3. Jangan sampai dehidrasi dan sering bergerak
Minumlah banyak air putih selama penerbangan dan sesekali berjalan di sekitar pesawat jika perjalanan yang ditempuh sangat panjang. Hal ini adalah penting agar tubuh, terutama kaki tidak kaku dan membuat kita selalu segar.

4. Mendapatkan udara segar
Mendapat udara segar bisa kita lakukan dari cahaya alami, mungkin jika itu bukan malam, kita bisa mendapatkannya dengan membuka tirai jendela di pesawat.

5. Jangan minum alkohol
Minum alkohol saat penerbangan, justru akan membuat tubuh menjadi buruk. Dengan perubahan zona waktu, ritme sirkandian tubuh, jam biologis yang mempertahankan pola tidur akan kacau. Oleh karenanya, hindarilah alkohol.

0 komentar:

Posting Komentar