Rabu, 22 Mei 2019

8 Tips Memilih Motor Murah Sesuai Kebutuhan

8 Tips Memilih Motor Murah Sesuai Kebutuhan

Sebagai kebutuhan utama untuk mobilitas, kini banyak yang memerlukan motor murah namun tetap memenuhi kebutuhan. Motor dinilai lebih praktis dan efektif, utamanya di kota yang padat dan rawan macet. Bahan bakar yang digunakan juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan mobil. Tidak heran jika ada banyak merk motor yang ada di pasaran. Tentunya dengan beragam harga dan spesifikasi.

Tips Memilih Motor Murah

Untuk mendapatkan jenis motor murah yang sesuai dengan kebutuhan, tentu tidak harus motor dalam kondisi baru. Motor bekas pun bisa memenuhi kebutuhan. Sejauh spesifikasinya masih mumpuni untuk melakukan beberapa aktivitas dan mobilitas yang Anda butuhkan. Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan.

1. Tujuan Membeli Motor
Sebelum memutuskan untuk membeli motor murah, pastikan tujuan dalam membeli motor tersebut. Anda harus tahu bahwa motor dengan harga murah umumnya memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan motor baru. Tujuan bisnis atau untuk keperluan sehari-hari mungkin akan cocok.

2. Jenis Motor
Hal berikutnya adalah menentukan jenis motor yang sesuai. Baik motor matic, motor bebek, atau motor tipe kopling. Jenis-jenis motor tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Baik mesin, maupun kenyamanannya. Jika kebutuhan Anda hanya sarana kurir, motor bebek dan motor matic rasanya lebih tepat dibanding dengan motor kopling yang lebih ekstrim.

3. Bandingkan Harga
Kunci untuk mendapatkan harga paling murah adalah dengan rajin membandingkan harga dari satu dealer ke dealer lain, baik untuk motor baru maupun bekas. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan harga paling murah. 

4. Dealer Terpercaya
Tips yang satu ini mungkin menjadi tips paling mendasar dalam membeli motor secara umum. Dimana, dealer yang terpercaya bisanya akan memudahkan Anda melakukan pembelian. Anda bisa memilih dealer ternama yang sudah banyak orang melakukan pembelian di dealer tersebut untuk menghindari resiko yang mungki timbul di kemudian hari.

5. Riwayat Motor
Khusus untuk motor bekas. Anda harus mengetahui riwayat motor bekas yang akan dibeli. Baik dari sisi fisik, yakni mesin maupun dari sisi legalitasnya. Hal ini untuk memastikan apakah mesin motor tersebut masih layak untuk dipakai dalam jangka panjang. Dan untuk memastikan bahwa motor tersebut bukan barang curian.

6. Periksa Kondisi Fisik dan Tes Drive
Biasanya, pihak dealer akan memberikan kesempatan bagi calon pembeli untuk merasakan kinerja mesin dan kenyamanan fisik motor tersebut. Tes drive ini memungkinkan Anda untuk tahu bagaimana kondisi fisik motor. Selain itu, pastikan juga spare part yang terpasang merupakan sparepart baru (untuk motor baru), ataupun layak pakai (untuk motor bekas). 

7. Minta Surat-Surat Kelengkapan
Jika Anda memutuskan untuk membeli motor bekas yang memiliki harga lebih murah, pastikan untuk meminta kelengkapan suratnya. Hal ini juga salah satu cara untuk mengungkap kelegalitasan motor tersebut. Diantaranya ada STNK dan BPKB. Pastikan surat-surat tersebut asli.

8. Menawar Harga
Tips ini bisa diberlakukan jika Anda membeli motor bekas di teman dekat atau seorang agen yang menjual motor-motor bekas. Cobalah untuk menawar harga, namun jangan lupa untuk sesuaikan dengan kondisi motor. Kondisi yang masih sangat bagus tentu lebih mahal dibanding motor bekas dengan kualitas standar.

Tips-tips di atas diharapkan mampu memberikan gambaran untuk mendapatkan motor murah idaman yang sesuai dengan kebutuhan. Baik baru maupun bekas, spesifikasi lah yang membedakan. Sekali lagi, yang terpenting adalah bagaimana kondisi motor tersebut mampu memenuhi kebutuhan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar