Selasa, 21 Mei 2019

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah Tanpa Calo

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah Tanpa Calo

Membuat dan mengurus sertifikat tanah memang sebenarnya sangat mudah. Mudahnya mengurus sertifikat tanah kini tentunya berkat peranan aktif dari regulasi pembuatan sertifikat tanah yang dikeluarkan oleh pemerintahan. Mengurus sendiri sertifikat tanah tentu akan disarankan untuk dilakukan agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.

Jika ingin mengurus sendiri sertifikat tanah maka anda harus mengetahui cara hitung biaya sertifikat tanah supaya tidak terjebak dengan oknum-oknum nakal yang hanya ingin mencari keuntungan pribadi. Mengurus sertifikat tanah yang sudah anda beli untuk keperluan investasi jangka panjang. Setidaknya untuk keperluan investasi masa depan yang lebih baik. Sebab jika mengurus dengan bantuan orang lain tentu biayanya akan membengkak.

Jika anda ingin membuat sendiri sertifikat tanah, maka anda harus mengetahui prosedur serta rincian biayanya. Sebab jika anda mengurus dengan bantuan orang lain, maka kemungkinan besar biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih besar. Berikut adalah beberapa cara untuk menghitung biaya pembuatan sertifikat tanah yang dilansir dari Lipuatn6.com property:

  • Sebaiknya jika anda ingin mengurus sertifikat tanah akan lebih baik jika anda lansgsung mengurusnya pada badan pertanahan nasional. Sebab dengan anda mengurusnya langsung, maka biaya yang anda keluarkan ketika mengurus langsung pada instansi terkait tidak akan membengkak. Anda bisa tanyakan kepada dinas terkait perihal biaya yang harus dikeluarkan ketika mengurus sertifikat. Biasanya badan pertanahan nasional memiliki rincian biaya yang harus anda keluarkan dengan kisaran angka yang standart. Selain itu ketika anda mengunjungi badan pertanahan nasional, upayakan juga untuk bertanya perihal persyaratan apa saja yang harus dipenuhi.

  • Pajak dari tanah harus diperhitungkan. Apabila anda ingin mengurus sertifikat tanah, perhitungkan jumlah pajak yang harus dikeluarkan. Biasanya jumlah pajak yang akan dikeluarkan besarannya tergantung kepada harga jual dari tanah tersebut. Kisaran pajak yang anda harus bayar memiliki persentase yang sama. Akan tetapi bergantung kepada nilai jualnya. Biasanya untuk pajak memiliki kisaran harga batas bawah dan batas atas untuk tanah yang akan dijual tersebut. Biasanya harga berkaitan dengan pajak. Pemerintah memiliki aturan yang memberikan aturan batasan harga jual yang terkena pajak dan nilai pajak yang ditetapkan.

  • Pada badan pertanahan nasional tentu memiliki kewajiban untuk melakukan survey terhadap tanah yang anda beli untuk kemudian anda bisa tanyakan pengurusan sertifikatnya. Di dalam layanan survey tersebut, badan pertanahan nasional memiliki kewajiban untuk mensurvey. Tujuan dari surveynya adalah untuk membuat pihak dinas terkait dapat dengan mudah menentukan jumlah pajak yang harus anda bayarkan. Setidaknya dengan memanfaatkan layanan survey tersebut akan mempermudah pembeli untuk mengurus sertifikat serta berhitung jumlah pajak dan biaya-biaya lainnya yang kemungkinan akan dikeluarkan.

  • Ketahui komponen biaya apa saja yang berkaitan dengan sertifikat tanah. Perhitungkan komponen biaya apa saja yang dimiliki jika berhubungan dengan pembuatan sertifikat tanah. Komponen biaya tersebut akan menentukan jumlah dana yang akan anda keluarkan. Termasuk biaya pendaftara, biaya survey dan biaya lainnya termasuk penerbitan sertifikatnya. Biaya pegukuran tanah juga termasuk ke dalam salah satu biaya yang harus dipertimbangkan saat akan mengurus sertifikat tanah. Kemudian biaya pajak dan juga biaya balik nama dan juga biaya transportasi survey ikut berperan dalam menentukan jumlah dana yang akan anda keluarkan untuk mengurus sertifikat. Setidaknya dengan mengetahui jumlah pajak yang dibutuhkan membuat anda lebih mudah menghitung dana yang harus dikeluarkan.

Pengurusan sertifikat tanah memang kini sedang dikaji ulang. Aturan untuk prosedur serta persyaratan yang dibutuhkan sedang dikaji ulang untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengurus sertifikat tanahnya. Komponen-komponen biaya yang cukup banyak tentu akan membebani masyarakat untuk mengurus setifikat tanah yang dimilikinya. Ketika jumlah komponen pembiayaan terlalu besar akan membebani masyarakat yang ingin mengurus tanahnya. Termasuk komponen biaya untuk pengukuran tanah. Proses pengukuran ulang tanah memiliki kompensasi biaya yang harus dikeluarkan. Tentu saja dengan konsekuensi biaya pengukuran tentunya masyarakat harus mempersiapkan dana untuk itu.

Proses pembuatan sertifikat tanah melalui satu pintu utama pelayanan tentu saja membuat masyarakat tidak perlu mengeluarkan dana cukup besar untuk mengurus sertifikatnya. Ada banyak anggapan bahwa mengurus sertifikat itu mahal. Padahal jika anda mengetahui prosedur serta mengetahui kisaran biaya yang akan dikeluarkan tentunya biaya mahal bukan lagi halangan untuk mengurus sertifikat.

Pengurusan resmi sertifikat sebenarnya tidak semahal yang diperkirakan banyak orang. Sebab mengurus setifikat pada dinas terkait tentunya membuat para pihak yang berkaitan seperti pihak yang membeli serta pihak yang menjual. Sehingga pihak penjual maupun pembeli diharuskan untuk mengetahui cara dan prosedur pengurusan sertifikat beserta rincian biayanya. Adapun biaya yang dikeluarkan sebenarnya tidaklah mahal. Sebab sudah ada aturan khusus yang berkaitan dengan prosedur pengurusan sertifikat tanah tanpa perlu ribet dengan prosedurnya dan juga biaya-biaya lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar