Jumat, 24 Mei 2019

Obat Alami untuk Penderita Alergi Rhinitis

Obat Alami untuk Penderita Alergi Rhinitis

Rhinitis alergi merupakan sebuah inflamasi yang dialami pada bagian hidung sebagai akibat dari adanya reaksi alergi. pabila Anda mengalami bersin-bersin, batuk-batuk, mata merasa gatal, mata berair, dan juga hidung tersumbat ataupun berair, maka itulah gejala rhinitis yang harus segera ditangani. Jika Anda mengalaminya, berikut ini obat rhinitis alergi yang aman untuk Anda manfaatkan.

Makanan yang Mengandung Vitamin C
Di dalam vitamin C ada kandungan antihistamin yang sangat baik dalam membantu mengurangi gejala alergi, termasuk juga rhinitis alergi. Anda juga pasti sudah tahu betul kalau mengonsumsi vitamin C adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh paling efektif. Jadi, tidak ada salahnya untuk menambah asupan vitamin C sebagai obat rhinitis.

Minyak Kelapa dan Minyak Wijen
Kombinasi dari kedua minyak ini telah terbukti efektif juga dalam menjadikan rhinitis alergi terobati dengan sangat baik. Ini karena keduanya memiliki kandungan untuk menarik iritan dari tubuh yang disebabkan rhinitis alergi. Bahkan keduanya pun bermanfaat dalam menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Pulus
Pernah mendengar nama tanaman satu ini? Pulus merupakan sebuah jenis tanaman yang rupanya sangat banyak dijumpai di area hutan dan nama lain yang tentu Anda mungkin sudah pernah dengar, yakni stinging nettle. Di dalamnya ada kandungan anti-inflamasi dan antihistamin tinggi yang akan membasmi gejala rhinitis alergi.

Jahe
Agar gejala rhinitis alergi Anda bisa berkurang dan terobati dengan alami, jahe pun bisa menjadi pilihan karena antihistamin naturalnya. Selain itu, meski ada efek samping jahe, jahe sendiri kaya akan sifat antibakteri, anti-inflamasi, antiviral dan peningkat imun.

Air Garam Steril
Istilah lain bagi air garam steril ini lebih dikenal dengan saline water di mana memang menjadi salah satu obat alami yang paling manjur. Hanya saja, pemakaian paling umum adalah dengan melalui hidung untuk menghilangkan lendir dari hidung yang terus berair.

Bawang Putih
Pada bumbu dapur yang menyedapkan masakan ini, ada kandungan quercetin tinggi yang masih merupakan antihistamin. Efek samping bawang putih memang ada, namun perlu diketahui kandungan antiviral, antibakteri, dan antibiotiknya pun sangat tinggi sehingga sangat baik bagi tubuh.

Steam atau Uap
Obat rhinitis alergi lainnya yang alami dan aman yaitu steam atau juga dinamakan dengan proses uap. Menghirup uap akan sangat membantu dalam melegakan hidung yang terlalu banyak lendir ataupun yang teriritasi.

Cuka Sari Apel
Selain dapat menjadi obat bagi yang sedang menderita tekanan darah tinggi, cuka sari apel adalah sebuah obat herbal yang baik dan ampuh juga bagi penderita rhinitis alergi. Antihistaminnya dan antibiotik di dalamnya akan sangat membantu dalam mengurangi intensitas gejala rhinitis sekaligus meningkatkan imunitas tubuh penderita.

Kunyit
Kunyit merupakan sebuah jenis rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kekuatan antioksidan dan anti-inflamasinya yang begitu tinggi. Segala macam kondisi gejala rhinitis alergi akan mampu dihilangkan, apalagi dikarenakan juga kunyit mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang rendah.

Probiotik
Supaya gejala rhinitis alergi berkurang dan cepat hilang, makanan probiotik rupanya bisa menjadi obat yang cukup ampuh. Ini karena adanya probiotik Lactobacillus acidophilus yang bisa membuat tingkat keparahan gejala hilang sedikit demi sedikit. Yang Anda perlu lakukan hanyalah dengan mengonsumsi suplemen probiotik kualitas tinggi.

Suplemen tersebut bisa dikonsumsi pagi dan sore masing-masing 1 kapsul selama kurang lebih 2 minggu. Jika ingin mendapatkan probiotik dari makanan, Anda bisa memilih untuk memasukkan yogurt probiotik ke dalam menu diet harian supaya daya tahan tubuh yang turun bisa kembali meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar