Jumat, 05 Juli 2019

Kolam Renang Bisa Jadi Media Penularan Kanker Serviks?

Kolam Renang Bisa Jadi Media Penularan Kanker Serviks?

Ada sebagian orang yang percaya bahwa kanker serviks bisa dengan mudahnya ditularkan melalui kolam renang. Itu benar atau tidak, ya?

Kolam renang dianggap menjadi media penularan penyakit, misalnya saja kanker serviks. Entah apa yang memicu timbulnya anggapan tersebut, tapi ada baiknya isu itu segera diluruskan lewat artikel berikut ini. 

Kanker serviks memang disebabkan oleh infeksi virus HPV. Mungkin, masyarakat berpikir bahwa penderita kanker serviks yang berenang di dalam kolam renang, tak sengaja mengeluarkan cairan dari vaginanya, dan itulah yang dianggap bisa menyebarkan virus HPV penyebab kanker serviks kepada orang lain.

Tapi, menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, virus HPV tidak akan bertahan lama berada di area kolam renang. Sebab, air kolam renang biasanya mengandung kadar disinfektan kaporit yang tinggi. 

Kaporit digunakan sebagai salah satu alternatif metode disinfeksi atau pemurnian air yang cukup aman digunakan, khususnya dalam keadaan darurat. Sehingga, bakteri ataupun virus akan langsung mati bila berada di dalam air kolam renang. 

Sayangnya, produk buangan hasil disinfeksi dengan kaporit dalam jumlah tertentu dapat bersifat karsinogenik atau memicu kanker. Namun sekali lagi, dr. Adeline menegaskan bahwa faktor risiko kanker serviks bukanlah air kolam renang atau sekadar berenang bersama dengan penderita kanker serviks, melainkan hubungan seksual yang berisiko. 

Sementara itu, infeksi kuman HPV yang berhasil mengembangkan diri menjadi sel kanker sebenarnya tidak bekerja sendirian. Dibutuhkan dukungan beberapa faktor untuk mencetuskan sel kanker serviks di dalam diri seseorang, yaitu:

· Daya tahan tubuh yang kurang baik
· Tipe dan durasi infeksi virus
· Adanya infeksi HIV atau penyakit kronis lainnya
· Kebiasaan merokok
· Kekurangan vitamin
· Adanya faktor genetik
· Sudah melakukan hubungan seks sejak usia dini
· Serta melahirkan banyak anak saat usia masih muda

Maka, ketimbang Anda menganggap bahwa kolam renang dapat menjadi media penularan kanker serviks, lebih baik fokuslah pada faktor risiko di atas. Berbagai faktor tersebut lebih bisa memicu terjadinya kanker serviks ketimbang kolam renang.

0 komentar:

Posting Komentar