Kamis, 01 Agustus 2019

Penyebab Jerawat Pada Pria dan Cara untuk Mengatasinya

Penyebab Jerawat Pada Pria dan Cara untuk Mengatasinya

Penyebab jerawat pada pria umumnya dikarenakan perubahan kadar hormon sehingga memicu jerawat. Hormon-hormon ini menciptakan minyak yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, yang terkadang membiarkan bakteri tumbuh. Kedua masalah inilah yang umumnya menyebabkan berjerawat. Namun apa sajakah penyebab jerawat lainnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Hal-hal yang Menyebabkan Jerawat 

Jerawat adalah keadaan kulit yang berubah ketika folikel rambut tersumbat disebabkan soleh minyak dan sel kulit mati. Jika kondisi ini terjadi maka sering menyebabkan komedo pula. Jerawat pada pria biasanya muncul di wajah, dahi, dada, punggung bagian atas dan bahu. 

Jerawat pada pria paling umum sering terserang pada remaja, meskipun itu mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Adapun faktor-faktor penyebab jerawat pria adalah :

1. Hormon

Androgen adalah hormon yang meningkat pada anak laki-laki selama masa pubertas dan menyebabkan kelenjar sebaceous membesar dan menghasilkan lebih banyak sebum. Perubahan hormon juga dapat memengaruhi produksi sebum dan kadar androgen yang rendah dapat memperburuk jerawat.

2. Obat-obatan tertentu

Jerawat pada pria juga bisa terjadi jika alergi terhadap obat kortikosteroid, testosteron atau litium. Beberapa obat-obatan seperti lithium, yang mengobati gangguan bipolar, dan kortikosteroid seperti prednison juga dapat menyebabkan jerawat.

3. Pola makan yang salah

Pola makan yang salah juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat seperti kelebihan karbohidrat dan makan cokelat juga dapat memperburuk jerawat. Cokelat memang dicurigai akan memperburuk jerawat. 

Sebuah penelitian kecil terhadap 14 pria dengan jerawat dibuktikan bahwa makan cokelat bisa memperburuk gejala jerawat. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memeriksa mengapa ini terjadi dan apakah orang dengan jerawat akan mendapat manfaat dari mengikuti pembatasan pola makan tertentu.

4. Faktor keturunan

Pria yang ayahnya memiliki jerawat parah juga  lebih mungkin untuk memiliki jerawat juga. Jadi faktor keturunan juga mempengaruhi seorang pria terkena jerawat.

Jika Anda terkena jerawat, Anda bisa mengatasinya dengan Garnier Men Acno Fight. Atasi jerawat membandel di wajah dengan rangkaian Acno Fight. Selain itu, Anda juga perlu segera menjaga kebersihan wajah Anda dengan micellar water dari Garnier. Micellar water adalah pembersih wajah dari debu dan kotoran dalam sekali usap.

0 komentar:

Posting Komentar