Kamis, 26 September 2019

Manfaat Dari Mendirikan CV

Manfaat Dari Mendirikan CV

Saat ingin menjalankan sebuah usaha, dibutuhkan beberapa hal penting sebagai langkah awal untuk memulainya. Selain adanya modal awal yang besarnya disesuaikan dengan jenis usaha yang akan dijalankan, keberadaan lembaga atau wadah usaha juga merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, mendirikan sebuah badan usaha seperti pendirian CV dilakukan agar usaha yang dijalani terwadahi dan bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan dari sisi hukum dan pemerintahan. Sayangnya, untuk mendirikan CV banyak hal yang harus dipersiapkan dan proses yang harus dilalui cukup banyak. Itulah sebabnya kenapa masih banyak pelaku usaha yang enggan untuk mendirikan legalitas badan usaha seperti  PT, CV, dan lain-lain.

5 Manfaat dari Mendirikan CV

Memiliki Commanditaire Vennootschap (CV) sebagai badan usaha merupakan langkah yang sangat tepat untuk dilakukan. Dengan mendirikan CV, beragam manfaat bisa didapatkan. Adapun manfaat dari mendirikan CV antara lain :

1. Menciptakan rasa aman saat menjalankan usaha
Memiliki wadah usaha dengan mendirikan CV akan memberikan Anda rasa aman saat menjalankan usaha tersebut. Hal tersebut disebabkan usaha yang berjalan memiliki badan atau wadah usaha yang sudah mendapatkan perlindungan hukum berdasarkan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

2. Bukti kepatuhan terhadap hukum yang belaku
Salah satu manfaat dari mendirikan CV adalah sebagai bukti kepatuhan terhadap hukum yang berlaku. Jika usaha yang dijalankan sudah memiliki CV, artinya perusahaan tersebut sudah berjalan secara legal berdasarkan aturan yang berlaku di Indonesia.

3. Sebagai sarana penunjang pengembangan usaha
Dengan memiliki izin usaha berupa CV, berarti usaha yang Anda jalankan memiliki peluang besar untuk terus berkembang menjadi lebih besar lagi. Sebagai contoh, usaha Anda bisa mendapatkan Investasi atau penambahan modal, karena calon pemberi bantuan atau modal yakin akan keabsahan usaha yang Anda jalankan.

4. Syarat utama mengikuti tender pemerintahan
Jika usaha yang Anda jalankan terkait erat dengan pengerjaan tender dari pihak pemerintah, maka memiliki CV merupakan keharusan. Pasalnya, apapun usaha yang Anda jalankan akan sulit untuk mendapatkan tender dari pemerintah jika tidak memiliki legalitas usaha CV atau PT.

5. Menunjukkan kredibilitas usaha
Jika usaha yang Anda jalankan memiliki legalitas hukum berupa CV, tentu kredibilitas usaha  Anda menjadi lebih tinggi lagi. Sehingga, individu maupun pelaku usaha lainnya tidak akan ragu menggunakan jasa Anda atau membeli produk yang Anda tawarkan. 


Mengapa Harus Memilih CV?

Memiliki badan usaha sangatlah penting. Selain Commanditaire Vennootschap (CV), badan usaha yang juga bisa dimiliki adalah Perseroan Terbatas (PT). Lantas mengapa Anda lebih memilih untuk membuat CV? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Tidak ada batasan minimal modal
Jika ingin mendirikan badan usaha berupa PT, maka Anda harus mempersipkan minimal dana setoran diatas 50 juta rupiah sebagai modal awal. Dana sebesar itu tentu sangatlah sulit untuk dimiliki bagi kebanyakan orang. Di sisi lain, bisnis harus segera dimulai kecuali jika Anda ingin ketinggalan dari kompetitor lainnya yang sudah duluan memulai dan menjalankan bisnisnya. Solusi akan hal ini hanyalah dengan mendirikan CV, karena pendirian CV tidak mengharuskan adanya sejumlah modal tertentu seperti halnya jika ingin mendirikan PT. Itulah sebabnya kenapa CV menjadi pilihan utama level UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), disamping biaya pembuatannya yang memang lebih murah dari mendirikan PT.

2. Nama perusahaan yang lebih sesuai
Menentukan nama usaha bukanlah perkara yang sepele, karena menyangkut karakter dari usaha yang Anda jalankan. Jika Anda membuat PT, terkadang nama yang sudah Anda persiapkan untuk usaha Anda tidak bisa digunakan karena sudah dipakai oleh usaha orang lain. Berbeda halnya jika Anda mendirikan CV, di mana Anda bisa menggunakan nama usaha apapun yang Anda inginkan. 

3. Sistem pengambilan keputusan lebih cepat
Pada Perseroan Terbatas (PT), pengambilan keputusan tidak bisa dilakukan begitu saja, karena harus disahkan terlebih dahulu melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Berbeda halnya dengan pengambilan keputusan pada Commanditaire Vennootschap (CV), di mana pengambilan keputusan bisa dilakukan secara langsung tanpa harus melalui proses rapat. 

4. Sistem perpajakan jauh lebih sederhana
Sistem perpajakan pada jauh lebih sederhana dan lebih mudah daripada PT. Sebab, keuntungan yang diterima saat akhir tahun hanya sekali saja terkena pajak sebagai pajak perusahaan. Pasalnya, keuntungan yang diterima pemilik CV tidak terkena wajib pajak dan dikategorikan ke dalam non objek PPh.

Demikianlah informasi seputar manfaat dari mendirikan CV dan alasan mengapa Anda lebih memilih untuk mendirikan CV. Tentu saja setiap dari PT dan CV memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pelaku usaha tinggal memilih wadah usaha yang sesuai dan dibutuhkan oleh jenis usaha yang digelutinya. Solusi lainnya adalah membuat CV terlebih dahulu dan merubahnya menjadi PT di masa mendatang jika memang dibutuhkan. 

0 komentar:

Posting Komentar