Sabtu, 21 September 2019

Strategi Perbanyak Counter Jasa Kurir

Strategi Perbanyak Counter Jasa Kurir

Jasa kurir semakin menjamur seiring banyaknya toko online (online shop). Seiring berjalannya waktu semakin banyak jasa kurir yang menawarkan beragam kemudahan bagi pelanggan. Layanan pengiriman ini menjadi lahan bisnis yang menjanjikan karena banyaknya jumlah counter jasa kurir memenuhi aksesibilitas pelanggan layanan ini. Membuka franchise jasa kurir bisa menguntungkan untuk Anda, namun sebelumnya perlu dipertimbangkan kredibilitas merk jasa kurir tersebut, karena kaitannya dengan kepercayaan konsumen. Salah satu jasa kurir terpercaya adalah Ninja Xpress yang memberikan layanannya ke seluruh Indonesia. Berikut adalah strategi perbanyak counter jasa kurir.
Layanan yang Optimal

Sebelum memperbanyak counter kita harus memastikan reputasi perusahaan di mata konsumen seperti yang dilakukan ninja xpress, apakah layanan yang ditawarkan sudah memuaskan atau belum sehingga akan memperlancar berjalannya operasional di counter yang baru. Layanan yang memuaskan bisa dicapai melalui penyediaan sarana dan prasarana yang memadai seperti jumlah kendaraan yang digunakan untuk mengirim barang, ongkos kirim yang terjangkau bagi pelanggan, sistem dan prosedur pengiriman yang baik, serta karyawan yang profesional dan service oriented. Sistem pengiriman yang baik bisa dilihat dari transparansi proses pengiriman. Mulai dari barang diterima, sedang diproses atau sedang dalam perjalanan, hingga sudah sampai pada pelanggan. Pastikan counter Anda menyediakan fasilitas tersebut untuk menjamin kenyamanan pelanggan, selain itu berikan layanan tambahan berupa garansi pengiriman terutama untuk barang dengan nilai jual yang tinggi.

Keterjangkauan Tempat
Lokasi counter haruslah mudah dijangkau demi kenyamanan pelanggan. Anda dapat memilih lokasi counter di pinggir jalan dan tidak masuk gang apalagi jika terlalu jauh. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan tidak kesulitan menemukan counter Anda pada lokasi yang strategis, selain itu dapat menjangkau agar dapat pasar yang lebih luas lagi. Counter yang nyaman juga menjadi daya pikat tersendiri bagi pelanggan. Misalnya tempat duduk yang memadai dan lingkungan yang bersih dan rapi. Tidak ingin kan, jika pelanggan Anda harus menunggu di ruangan yang kotor?

Pasar yang Tepat
Berada di lingkungan perkotaan atau masyarakat yang sudah familiar dengan penggunaan teknologi akan memudahkan counter Anda untuk terus berkembang. Masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan teknologi dan sudah tidak asing dengan platform jual beli online akan lebih banyak menggunakan jasa kurir Anda. Oleh karenanya, survey pasar hendaknya dilakukan terlebih dahulu sebelum menentukan lokasi counter. Terlebih jika di lokasi target Anda terdapat kantor e-commerce atau masyarakatnya sering berbelanja di e-commerce, Anda dapat menjalin kerjasama yang menguntungkan dua belah pihak. Hal ini sekaligus menjadi strategi pemasaran Anda.

Siap Berinovasi
Berbisnis bukan hanya masalah jual-beli saja, namun juga perlu strategi pemasaran untuk menyesuaikan perkembangan zaman atau tren. Gunakan teknologi internet untuk mempromosikan counter Anda, misalnya mendaftarkan counter di Google Maps sehingga pelanggan yang belum familiar dapat menemukan lokasi counter jasa pengiriman Anda, bisa juga merambah hingga sosialisasi di Instagram untuk lebih connected dengan pelanggan. Lebih lanjut lagi, melibatkan counter atau perusahaan sebagai sponsor acara lokal bisa membantu pemasaran counter Anda, dan membuka stan di acara besar di wilayah Anda seperti ulang tahun daerah, tentu hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah siap secara modal.

Hal-hal tersebut bisa membantu Anda yang hendak memperbanyak counter jasa kurir, yang terpenting adalah siapkan mental positif memulai usaha dan menghadapi tantangan.

0 komentar:

Posting Komentar