Rabu, 30 Oktober 2019

Cara Mudah Atasi Nyeri Haid Berlebih

Cara Mudah Atasi Nyeri Haid Berlebih

Kamu sering mengalami nyeri dan kram perut ketika sedang haid? Rasanya tidak nyaman, bukan? Seringkali hal ini membuat mood wanita drop. Bukan hanya lantaran hormone yang tak imbang, namun juga karena sakit perut yang dirasakan. Karenanya, kamu harus segera mengatasi nyeri haid yang berlebihan ini agar tak mengganggu jadwalmu yang sibuk.

Bagaimana cara mengatasinya?

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kram perut akibat haid yang tengah kamu rasakan. Berikut beberapa contohnya.

1. Aktif bergerak
Meski sedang haid, tak seharusnya kamu menjadikannya alasan untuk mager (malas gerak). Kamu harus tetap aktif bergerak agar peredaran darahmu lancar, sakit pun bisa sedikit berkurang. Lebih baik lagi jika kamu rutin melakukan olahraga ringan. Dengan begitu tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin untuk memperbaiki mood-mu.

2. Manjakan tubuh dengan pijatan
Jika memiliki waktu luang dan sedang santai, lakukan pijatan pada bagian perut bawah. Tak perlu melakukannya dengan sekuat tenaga, cukup dengan memijat lembut secara memutar dan berulang. Untuk makin menambah suasana rileks, balurkan minyak aromaterapi yang kamu sukai.

3. Kompres perut
Jika memang enggan beraktivitas dan butuh waktu buat selonjoran, sempatkan untuk mengompres perut dengan botol air hangat. Kamu juga bisa mempraktekkan tips menghilangkan nyeri haid iFree. Caranya mudah, beli produk pad iFree untuk menghalau nyeri yang kamu hadapi. Tempelkan padnya pada perut dan biarkan hangatnya menjalar untuk menenangkan perutmu.

4. Akupuntur
Sudah melakukan cara di atas namun nyeri tak kunjung reda? Cobalah untuk melakukan akupuntur. Namun, pastikan terapis yang melakukannya merupakan terapis profesional yang sudah berpengalaman dan bersertifikat. Jangan sampai ide yang satu ini memperparah kesehatanmu. 

5. Minum obat
Jika tak berani akupuntur, sebaiknya kamu mengonsumsi obat saja. Carilah obat pereda nyeri seperti paracetamol, ibuprofen dan semacamnya untuk meredakan sakitmu. Namun, tentu konsultasikan dengan doktermu dulu ya.

Cara di atas sangat simple dan mudah untuk meredakan nyeri menstruasi. Tapi, jika tak kunjung mereda, segera lakukan pemeriksaan ke dokter saja. 

0 komentar:

Posting Komentar