Kamis, 21 November 2019

Sebelum Ikut Trackday, Siapkan 5 Perlengkapan Penting Ini untuk Keamanan dan Kenyamanan Pembalap Motor

Pembalap motor
Sumber: pinterest.com
Trackday adalah sebuah ajang balap motor yang tidak boleh main-main. Pasalnya kompetisi satu ini bersangkutan dengan nyawa yang menjadi taruhannya. Sebelum memutuskan untuk mengikuti ajang Trackday, para peserta tentu perlu mempersiapkan beberapa hal yang sangat penting. Mulai dari kondisi fisik, kondisi motor serta segala perlengkapan para pembalap yang akan digunakan ketika menuju area sirkuit. Ini bertujuan agar badan para pembalap tetap fit ketika memulai Trackday dan melindungi badan apabila ada kejadian yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan.

Oleh karena itu, perlengkapan keamanan dan kenyamanan dari ujung kaki hingga ujung kepala juga wajib disiapkan oleh para pembalap motor sebelum melakukan Trackday. Apa saja perlengkapan yang dibutuhkan oleh para pembalap motor? Nah, berikut ini ada beberapa perlengkapan yang wajib dimiliki oleh para pembalap motor untuk keamanan dan kenyamanannya.

1. Baju Balap

Baju Balap
Sumber: pinterest.com
Perlengkapan pertama yang harus kamu perhatikan adalah baju balap. Ini sangat penting digunakan oleh para pembalap motor. Karena baju balap mampu melindungi seluruh bagian tubuh pembalap yang resisten pada api dan air. Baju balap juga dirancang agar tahan benturan dan gesekan sehingga bisa melindungi tubuh si pembalap ketika terjatuh. Selain bahannya yang resisten dan fleksibel, baju balap juga mempunyai pelindung pada bagian dada dan punggung yang terbuat dari bahan kevlar, titanium dan serat karbon. Ini bertujuan agar bisa memberikan pengamanan yang extra pada pembalap jika terjatuh saat melakukan kompetisi Trackday.

2. Helm 

Sumber: pinterest.com
Ini tentunya sangat penting untuk digunakan para pembalap. Karena sangat berguna untuk melindungi kepala pembalap motor ketika melakukan Trackday. Bahkan bukan hanya pembalap motor saja yang harus mengenakan helm, orang yang mengendarai motor biasa juga diwajibkan menggunakan helm. Helm yang sering digunakan para pembalap tentunya bukan helm sembarangan. Helm yang dirancang untuk pembalap motor pastinya memiliki bahan material yang bisa tahan terhadap benturan, seperti fiberglass, carbon fiber, polyurethane dan kevlar.

Selain itu, jarak pandang dan kenyamanan helm juga harus benar-benar diperhatikan. Karena ini sangat berpengaruh terhadap pernafasan si pembalap saat melakukan Trackday. Untuk itu, memilih helm yang akan digunakan pembalap juga perlu kamu perhatikan dengan baik. Mungkin kamu bisa memilih helm AGV full face untuk digunakan saat mengikuti kompetisi Trackday. Helm satu ini juga memiliki banyak tipe dan grafis yang berbeda-beda. Sehingga kamu bisa memilih helm yang kamu inginkan. 

Baca juga: 8 Tips Memilih Motor Murah Sesuai Kebutuhan

3. Sarung Tangan

Sarung tangan
Sumber: pinterest.com
Sarung tangan yang sering digunakan oleh para pembalap biasanya terbuat dari bahan kulit. Tetapi tidak terlalu berat dan tebal sehingga para pembalap dapat merasakan pegangan rem dan stang saat sedang mengendarai motor. Selain itu, sarung tangan pembalap motor juga dirancang untuk melindungi bagian-bagian tangan yang gampang cedera, seperti pergelangan tangan, telapak tangan dan ibu jari. Kamu bisa membeli sarung tangan balap ini di toko perlengkapan motor atau secara online.

4. Sepatu

Sepatu
Sumber: pinterest.com
Biasanya sepatu khusus untuk balap motor itu dirancang dengan desain yang menutupi kaki hingga setengah betis. Oleh sebab itu, para pembalap motor sering menggunakan sepatu jenis boots. Sepatu tersebut sangat kuat dan tahan akan benturan dan gesekan. Tetapi tetap ringan dan nyaman saat digunakan. Pada bagian solnya pun terbuat dari karet sehingga tidak akan licin ketika sedang mengendarai motor. Jadi akan membuat kamu aman dan nyaman saat melakukan Trackday.

5. Deker

Sumber: pinterest.com
Sebagai seorang pembalap motor pastinya sudah wajar apabila terjatuh saat melakukan Trackday. Untuk itu, menggunakan deker juga sangat penting digunakan para pembalap. Pasalnya deker ini mampu melindungi bagian lutut pembalap. Selain itu, ada juga beberapa deker yang dirancang untuk melindungi pinggang, pundak hingga siku. Biasanya deker ini sudah menyatu langsung dengan baju balap, tetapi ada juga yang dijual dengan terpisah. 

Semua perlengkapan di atas tentunya wajib dimiliki oleh setiap pembalap motor. Karena berhubungan dengan keselamatan dan kenyamanan para pembalap motor. Pilihlah barang-barang dengan standar yang telah ditentukan, ya! Selamat balapan!

0 komentar:

Posting Komentar