Rabu, 19 Agustus 2020

Karakteristik dan Berbagai Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Karakteristik dan Berbagai Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Asuransi mobil menjadi salah satu bentuk perlindungan yang dilakukan oleh pemegang polis guna menghindarkan adanya potensi kerugian pada kendaraan mereka di masa depan. Meskipun di dalam prakteknya sudah banyak digunakan, masih saja ada orang yang tabu dengan jenis asuransi mobil yang ada. Padahal manfaat yang ditawarkan oleh asuransi memiliki cakupan yang sangat luas, termasuk juga mengcover biaya perbaikan akibat resiko kecelakaan dan bencana alam.

Kenali Berbagai Jenis Asuransi Mobil

Terdapat dua jenis asuransi mobil yang paling umum untuk digunakan di Indonesia. Kedua jenis asuransi kendaraan tersebut adalah sebagai berikut:

1. All Risk

Jenis asuransi mobil All Risk menjamin pemilik polis untuk mendapatkan jaminan perlindungan secara menyeluruh atas kerusakan yang dialami mobil, baik itu kerusakan berskala kecil maupun besar. 

Sesuai dengan apa yang tercantum pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia atau PSAKBI, cakupan perlindungan pada asuransi All Risk meliputi resiko tabrakan, terbalik, benturan, terperosok atau tergelincir, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, dan juga Third Party Legal Liability atau tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Third Party Legal Liability sendiri memiliki arti bahwa pihak asuransi akan menanggung segala kerugian yang muncul akibat pemegang polis yang terjebak di dalam kecelakaan serta menyebabkan kerugian pada pihak ke-3 yang menjadi korban. Umumnya, jenis pertanggungjawaban yang dilakukan oleh pihak asuransi adalah biaya rawat inap dan bantuan hukum kepada nasabah yang terlibat pada kecelakaan tersebut.

2. Total Loss Only (TLO)

Total Loss Only merupakan jenis asuransi mobil lain yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Salah satu alasan mengapa jenis asuransi yang satu ini banyak dipertimbangkan adalah karena harga preminya yang lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi All Risk. diketahui, harga premi untuk All Risk berada di kisaran 2-3% dari nilai keseluruhan mobil. Sedangkan untuk TLO, harga preminya adalah 0,8-1% dari harga mobil.

Sama seperti All Risk, TLO juga akan memberikan jaminan perlindungan akan adanya resiko benturan, tabrakan, pencurian, kebakaran, dan lain sebagainya. Hanya saja, asuransi jenis ini hanya bisa diklaim ketika mobil mengalami kerusakan dengan tingkat kerusakan minimal adalah 75%.

Karakteristik Jenis Asuransi Mobil All Risk dan TLO

1. All Risk

  • a. Cukup optimal untuk perlindungan kendaraan baru. Bila usia kendaraan cukup tua, maka pemegang polis akan dibebankan sejumlah biaya tambahan. Sehingga menyebabkan jenis asuransi mobil yang satu ini kurang ekonomis untuk digunakan pada mobil tua.
  • b. Memiliki beberapa fitur unggulan seperti bengkel resmi, mobil pengganti, emergency road assistance, dan lain sebagainya.
  • c. Mencakup perlindungan untuk segala tingkat kerusakan. Entah itu kerusakan ringan ataupun kerusakan total. Selain itu, All Risk juga menjamin adanya perlindungan untuk kejadian kehilangan.
  • d. Selain resiko-resiko yang telah diatur dalam PSAKBI, umumnya asuransi All Risk menambahkan jaminan gempa, kerusuhan, banjir, kecelakaan diri, huru-hara, hingga pertolongan medis untuk pengemudi dan penumpangnya, sebagai jaminan tambahan yang bisa dinikmati.

2. TLO

  • a. Bisa digunakan oleh semua jenjang usia mobil.
  • b. Nilai premi yang ekonomis.
  • c. Jaminan yang ada bisa ditambahkan oleh berbagai perluasan seperti tambahan jaminan bencana alam. Hanya saja, perluasan tersebut harus ada dalam batasan kriteria total loss dan memenuhi semua syarat juga ketentuan dari penggantian kerugian oleh pihak asuransi.
  • d. Adanya keterbatasan jaminan karena hanya mencakup kerusakan mobil dengan batas minimum 75% dari harga pasar mobil itu.

Target Nasabah untuk Tiap Jenis Asuransi Mobil yang Ada

Jika dilihat dari manfaat dan cakupan jaminan yang ditawarkan, kedua jenis asuransi mobil di atas memiliki sedikit perbedaan dalam hal target nasabah.

1. All Risk

  • a. Asuransi kendaraan All Risk sangatlah sesuai untuk melindungi kendaraan roda empat dengan harga yang super mahal atau mobil dengan tipe klasik. Pasalnya, kedua jenis mobil tersebut akan memakan biaya perbaikan yang sangat mahal ketika terjadi kerusakan walau sedikit.
  • b. Jika Anda memiliki mobil baru, maka perlindungan dari asuransi All Risk ini sangat tepat untuk dipilih. Ketika mobil yang Anda tunggangi mengalami kerusakan akibat kecelakaan, pihak asuransi yang Anda tunjuk akan memperbaiki mobil tersebut hingga mulus kembali seperti baru.
  • c. Jenis asuransi mobil ini juga mencakup proteksi jiwa dan kesehatan untuk Anda dan keluarga Anda. Sehingga akan sangat cocok untuk Anda yang sering berkendara bersama dengan keluarga tercinta.
  • d. Jika Anda tinggal di kawasan yang rawan akan banjir ataupun genangan, jenis asuransi ini sangatlah sesuai untuk melindungi keamanan mobil Anda.
  • e. Sangat sesuai untuk digunakan oleh seseorang yang tinggal di perkotaan dengan mobilitas tinggi yang padat dan rawan terhadap kecelakaan lalu lintas.

2. TLO

  • a. Jenis asuransi mobil Total Loss Only sangatlah sesuai untuk Anda yang tidak bisa menggunakan asuransi komprehensif, alias All Risk. entah itu untuk alasan biaya premi yang tidak cocok dikantong ataupun faktor usia mobil yang sudah terlalu tua.
  • b. Sesuai untuk siapa saja yang memiliki tempat tinggal di area yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan besar atau daerah dengan resiko kecelakaan lalu lintas yang rendah.
  • c. Terjangkau bagi Anda yang menghendaki premi asuransi dengan nominal ekonomis namun menyajikan jaminan yang cukup memadai untuk meng-cover berbagai resiko kerusakan mobil.
  • d. Sesuai bagi Anda yang membutuhkan perlindungan terhadap resiko-resiko bencana alam seperti gempa, badai, tsunami, dan lain sebagainya. Juga bagi Anda yang tinggal di kawasan yang rentan akan tindak pencurian.

Pertimbangkan dengan matang sebelum Anda memilih salah satu dari kedua jenis asuransi mobil di atas. Sesuaikan pula kebutuhan dengan budget yang Anda miliki agar tagihan premi per tahunnya tidak membengkak. Jika Anda menemui keraguan dalam memilih asuransi untuk kendaraan mobil, Anda bisa melakukan konsultasi di situs informasi keuangan https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/.

1 komentar: