Minggu, 27 September 2020

Hits dan Murah! Ini 8 Oleh-Oleh Khas Solo Favorit Wisatawan

Liburan ke Solo tentu tidak lengkap tanpa berbelanja oleh-oleh. Jika Anda sedang melakukan atau merencanakan liburan ke Solo, dan sedang bingung membeli oleh-oleh apa, maka tak perlu khawatir lagi. Sebab, dalam artikel ini telah dirangkum oleh-oleh khas Solo terfavorit wisatawan yang harganya murah dan sedang populer saat ini. Daftar oleh-oleh di bawah ini bisa menjadi referensi Anda.

1. Intip


Sumber: www.surakarta.go.id
 
Intip menjadi salah satu jajanan khas Solo yang terkenal dengan harganya yang murah meriah. Harga yang harus Anda keluarkan untuk membeli intip hanya berkisar Rp5.000 hingga Rp10.000 saja. Anda pun bisa mendapatkan jajanan ini dengan mudah, karena banyak dijual di sentra penjualan oleh-oleh khas Solo.

Intip sendiri merupakan jajanan yang terbuat dari kerak nasi yang telah dijemur dan dikeringkan, hingga kemudian digoreng dan ditambahkan dengan rasa karamel gula jawa. Cita rasa intip yaitu gurih, asin, dan renyah. Saat dicicipi, intip juga memiliki rasa legit dan unik. Tak heran, intip menjadi jajanan favorit banyak orang di Solo.

2. Ampyang


Ampyang atau Gula Kacang adalah salah satu oleh-oleh tradisional asli Solo. Komposisi makanan ini cukup sederhana, terdiri dari kacang, gula merah, dan jahe. Cita rasanya manis, gurih, dan legit. Anda bisa membeli ampyang dengan harga berkisar Rp4.000 hingga Rp15.000. Harga tersebut tergantung dari besar kecil ukuran ampyang yang Anda beli. Sama halnya intip, Anda bisa mendapatkan ampyang hampir di seluruh sentra penjualan oleh-oleh di Solo.

3. Abon Mesran Solo


Sumber: www.pbs.twimg.com
 
Bagi pecinta Abon, Anda tidak boleh melewatkan oleh-oleh satu ini. Abon Mesran Solo cocok menjadi makanan pelengkap, karena cita rasanya yang manis dan pedas. Abon ini terdiri dari dua varian, yaitu abon ayam dan abon daging sapi. Jika Anda ingin membawa Abon Mesran Solo sebagai oleh-oleh, Anda perlu merogoh uang sekitar Rp35.000 untuk satu bungkus abon. Dengan kualitas rasanya yang didapat, harga sebesar itu masih terbilang cukup terjangkau.

4. Brem Solo


Brem Solo adalah jajanan yang terbuat dari olahan peragian air tape. Keistimewaan dari jajanan ini adalah rasanya yang sedikit masam, dingin, dan lumer saat dimakan. Harga brem cukup bervariasi, tergantung dengan ukuran brem dan merek brem yang Anda beli. Rata-rata harganya berkisar Rp15.000 hingga Rp35.000. Brem menjadi jajanan oleh-oleh khas Solo yang paling banyak dicari wisatawan lho.

5. Serbat Jahe


Sumber: www.javatravel.net
 
Serbat jahe terkenal sebagai minuman penghangat tubuh. Minuman ini berasal dari olahan jahe dan rempah-rempah tradisional khas Solo. Menariknya, minuman ini tak hanya tersedia dalam bentuk siap minum, namun juga dalam bentuk tablet. Cukup praktis sebagai oleh-oleh pastinya. Harga serbat jahe per bungkus berkisar antara Rp5.000 hingga Rp10.000.

6. Solo Prabu


Solo Prabu merupakan oleh-oleh kekinian berupa kue yang dilapisi dengan aneka topping dan krim, yang pastinya menggugah selera. Ada banyak varian dari Solo Prabu seperti Yudhistira O’ Cheese, Bima Greentea, Arjuna Blueberry, Nakula Chocolate, dan Sadewo Taro. Selain rasanya yang manis dan enak, penamaan varian kue ini cukup unik, karena mengikuti nama pewayangan khas Jawa. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh ini dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Bakpia Balong


Sumber: www.media-cdn.tripadvisor.com
 
Bakpia tidak hanya menjadi oleh-oleh khas Jogja. Di Solo, juga ada bakpia khas yang wajib Anda coba yaitu Bakpia Balong. Bakpia Balong terdiri dari berbagai varian rasa yang unik seperti ketan, kacang hitam, dan cokelat. Jika dibandingkan dengan bakpia di Jogja, Bakpia Balong memiliki ukuran yang lebih besar, dan teksturnya juga jauh lebih lembut berpadu dengan isian di dalamnya.

8. Batik Solo


Tak hanya makanan, batik juga menjadi oleh-oleh hits yang paling banyak dicari wisatawan saat berkunjung ke Solo. Tempat rekomendasi berbelanja batik di Solo ada di Pasar Klewer, Kampung Batik Kauman, dan Kampung Batik Laweyan. Di tempat-tempat tersebut, Anda bisa mendapatkan batik dengan kualitas yang cukup bagus dan harga yang terjangkau. Jika Anda menginginkan batik dengan kualitas yang lebih high class, Anda bisa berbelanja di Batik Danar Hadi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi.

 
Bagaimana? Sudah siap memborong oleh-oleh khas Solo yang telah disebutkan di atas? Untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan dan kegiatan berbelanja yang berjalan lancar, pastikan Anda telah memiliki bekal informasi yang cukup. Yuk, dapatkan lebih banyak informasi wisata di Solo dan di Indonesia dengan mengunjungi Wonderful Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar