Kamis, 29 Oktober 2020

Kenali 5 Cara Menumbuhkan Budaya Membaca bersama Tanoto Foundation

Kenali 5 Cara Menumbuhkan Budaya Membaca bersama Tanoto Foundation

Membaca merupakan jantung dari pendidikan. Sayangnya aspirasi masyarakat Indonesia mengenai membaca masih kurang. Karena, banyak diantaranya menganggap membaca bukanlah hal yang penting. Diharapkan program masyarakat Indonesia Cinta Membaca dapat menunjang pendidikan di Tanah Air, sehingga perlu kesadaran akan pentingnya memperbanyak literasi membaca sejak dini harus ditingkatkan. 

Cara Efektif Menumbuhkan Minat Baca

1. Implementasi Prinsip teladan membaca

Dalam sebuah pendidikan perlu adanya acuan untuk meningkatkan minat baca. Guru dan orang tua memiliki tanggung jawab dalam menciptakan kegemaran membaca sejak dini. Semakin sering anak berhadapan dengan bahan bacaan, diharapkan mereka akan tertarik untuk terus membaca. Disinilah peran orang tua dipertanyakan, mereka harus hadir dan menjadi teladan bagi anak-anak mereka. 
Bagi orang tua yang gemar membaca, pastikan membiasakan membaca bersama anak. Hal tersebut akan membangun komunikasi antar orang tua dan anak menjadi baik, tentunya program Indonesia Cinta Membaca akan membuat anak tertarik untuk membaca. Kegiatan implementasi prinsip teladan membaca ini juga dikembangkan oleh Tanoto Foundation agar pendidikan di Indonesia terus meningkat.

2. Tersedianya buku berkelanjutan

Ketika seorang anak mulai menyukai kegiatan membaca, maka anak tersebut akan semakin sering mencari buku yang berbeda disetiap harinya. Adanya persediaan buku secara berkelanjutan ini bertujuan agar peminat yang membaca tetap stabil atau bahkan dapat terus meningkat. Sesuai dengan program yang dikembangkan oleh Tanoto Foundation yang terus menyediakan buku secara berkelanjutan guna kepentingan pendidikan di Indonesia.

3. Membaca Sebagai Kebiasaan 

Kegiatan yang berdampak positif bagi diri seseorang yaitu membaca. Namun, pada kenyataannya kegiatan membaca adalah kebiasan mudah tapi sulit untuk dilakukan. Dengan menjadikan membaca sebagai kebiasan merupakan hal yang positif. Selain itu dengan adanya program Indonesia Cinta Membaca, maka mereka akan semakin menyerap berbagai informasi. Hal tersebut juga digagas pada program Tanoto Faundation.

4. Berilah Tugas Membaca

Ketika melakukan kegiatan pembelajaran, pastikan siswa memperoleh tugas membaca. Guru dapat memberi perintah pada siswa untu membaca buku yang sudah di sediakan. Dengan diberi tugas , maka siswa akan fokus membaca. Dengan memberi aturan tugas tersebut akan dinilai, maka siswa akan betul-betul mengerjakan dengan serius dan tekun.

Dengan kegiatan tersebut, maka siswa akan semakin bersemangat dan berpacu untuk terus membaca dan memahami setiap isi dari buku tersebut. Manfaat yang diperoleh dengan menjadikan membaca sebagai tugas yaitu siswa dapat berkonsentrasi dan memahami sisi dari sebuah buku. Dengan memberi tugas membaca pula maka akan menciptakan kebiasaan membaca untuk siswa.

5. Perpustakaan Aktif

Dengan adanya perpustakaan yang aktif melayani, maka dapat membuat siswa juga aktif berkujung dan meminjam buku di perpustakaan. Ruangan perpustakaan juga harus nyaman ketika digunakan untuk membaca. Hal itu dapat meningkatkan minat baca siswa. Fasilitas yang diberikan juga harus didesain semenarik mungkin agar siswa tertarik untuk membaca. 

Manfaat yang akan diperoleh saat perpustakaan aktif dalam melayani dengan fasilitas yang nyaman dan menarik, mampu membuat siswa yang tidak suka membaca akan terpancing untuk membaca. Selain itu juga, siswa dapat menyalurkan minat baca yang gemar membaca. Adapun selain itu juga, dengan adanya perpustakaan aktif melayani maka akan ada kebiasaan membaca yang baik dalam lembaga pendidikan tersebut.

Perlu adanya kesinambungan antara peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan minat baca dari dalam diri seorang anak. Tidak hanya itu, lingkungan sekitarpun ikut mendukung proses kembang dan tumbuhnya minta seseorang terhadap membaca. Lantaran membaca merupakan hal yang mudah dilakukan namun sulit menjadikannya sebagai kebiasaan. 

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun Budaya Membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca.

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

0 komentar:

Posting Komentar