Kamis, 22 Oktober 2020

Sudah Tahu? Bergini Cara Lapor SPT Tahunan Secara Online

Sudah Tahu? Bergini Cara Lapor SPT Tahunan Secara Online

DJP online SPT tahunan merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Dirjen Pajak demi memberikan kemudahan lapor untuk setiap masyarakat. Jika sebelumnya pelaporan SPT tahunan dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor pajak, maka kali ini prosesnya bisa dilakukan secara online dan tentunya tanpa persyaratan yang rumit.

Hal ini tentu menjadi kabar baik untuk semua kalangan, mengingat banyak efisiensi waktu dan tenaga yang bisa diperoleh. Namun, pastikan sebelumnya sudah membuat akun e-filling karena nantinya proses pelaporan akan melalui fitur tersebut. Caranya juga tidak kalah mudah karena bisa diakses secara online di website pajak.go.id.

Cara Melaporkan SPT Tahunan Online

Selama ini mungkin masih banyak yang belum mengetahui apabila melaporkan SPT tahunan bisa dilakukan secara online dengan sangat mudah dan tanpa ribet. Untuk itu, jika memang masih belum tahu, bisa langsung menyimak beberapa langkah-langkah berikut ini.

1. Langkah pertama adalah dengan membuka website DJP online, lalu lakukan login menggunakan alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya.
 
2. Setelah login selesai, beralih lah menuju halaman selanjutnya untuk dapat menentukan jenis formulir SPT apa yang sesuai. Pastikan untuk memilih jenis formulir SPT yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Masih di halaman jenis formulir SPT, pastikan untuk membaca halaman ini dengan sangat seksama karena ada banyak informasi yang bisa diperoleh. Mulai dari persyaratan dokumen yang diperlukan, panduan pengisian SPT, hingga penjelasan dari setiap jenis formulir, semua ada di halaman satu ini. 

4. Jika sudah menemukan jenis formulir yang tepat dan sesuai, langsung saja unduh form tersebut dan isi secara lengkap. Pastikan data yang diisikan merupakan data yang sebenar-benarnya karena hal ini akan berpengaruh pada identitas pribadi.

5. Proses pelaporan DPJ online SPT tahunan selanjutnya apabila sudah selesai mengisi form formulir dengan lengkap, maka tunggu kode verifikasi masuk melalui email. Salin kode tersebut dan masukkan ke dalam kolom yang sudah tersedia dan otomatis data akan terekam di dalam sistem DJP online.

6. Setelah serangkaian proses di atas dilakukan dengan benar, akan ada pemberitahuan atau konfirmasi tanda terima yang dikirim melalui email. Unduh bukti tanda terima tersebut dan simpan dengan baik agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan tidak akan hilang.

Mudah sekali, bukan? Proses pelaporan DPJ online SPT tahunan sekarang ini memang sangat memudahkan para pembayar pajak. Hal tersebut akan semakin lengkap ketika Anda juga menggunakan aplikasi Bukukas. Pasalnya, di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur pencatatan berbagai transaksi dan pengingat hutang piutang. Semua tipe usaha mulai dari warung hingga pekerja freelance bisa mengandalkan aplikasi satu ini. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa cek di https://www.bukukas.co.id 

0 komentar:

Posting Komentar