Minggu, 06 Desember 2020

Yuk Intip Cara Mengajari Anak Membaca Dalam Momen Baca Bersama

Yuk Intip Cara Mengajari Anak Membaca Dalam Momen Baca Bersama

Masa kanak-kanak merupakan momen emas yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan Indonesia cinta membaca. Pada masa ini, seorang anak seringkali memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan lincah karena ingin mengetahui banyak hal. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan masa ini untuk belajar membaca bersama anak. Yuk simak beberapa cara yang bisa dilakukan.

Hal Yang Bisa Dilakukan Dalam Mengajari Anak Membaca

1. Terapkan Metode Eja

Metode eja adalah metode dasar yang dikenalkan kepada anak usia dini. Metode ini dapat dilakukan dengan menulis dan membaca beberapa huruf yang bisa dirangkai menjadi suku kata. Tentunya, anda bisa memulai metode eja tersebut dengan cara mengajarkan hal sederhana seperti membaca namanya, ibu dan ayah.

Sebelum melatih anak untuk melakukan pengejaan ini, anda juga bisa sedikit bercerita serta mengenalkan lambang dan bentuk huruf kepada anak. Bahkan, anda juga mengenalkan bunyi-bunyi suatu huruf dari huruf A hingga Z. Tentunya, kegiatan ini dapat dilakukan secara bertahap agar anak tidak terbebani.

2. Terapkan Metode Global

Begitu pula, metode global juga bisa dilakukan untuk mewujudkan Indonesia cinta membaca. Metode ini dikhususkan kepada anak yang sudah mulai mengenal huruf dan membaca per suku kata. Bahkan, anda juga bisa memanfaatkan media buku cerita bergambar yang disukai anak untuk mempraktikkan metode global.

Metode ini juga bisa dimanfaatkan menjadi sebuah permainan. Tentunya, anda bisa mengajak anak untuk menguraikan kalimat dalam bentuk kata, suku kata dan huruf dengan beberapa trik yang disukai oleh anak. Penerapan metode ini juga sebaiknya dilakukan dengan memanfaatkan waktu yang tidak terlalu lama agar anak tidak lelah.

3. Terapkan Metode SAS

SAS atau biasa disebut Struktural Analitik Sintetik merupakan metode yang disediakan untuk anak SD ke bawah. Metode ini menggunakan pendekatan cerita bergambar yang memiliki unsur sintetik. Dalam hal ini, anda bisa menerapkan berbagai cerita berupa dialog tokoh yang disediakan sehingga dapat terbentuk Indonesia cinta membaca.

Penerapan teknik metode SAS biasanya dikombinasikan dengan permainan. Permainan yang dilakukan dalam metode SAS adalah kegiatan menulis 1 huruf yang bisa dilakukan oleh salah satu anak. Kemudian, huruf-huruf tersebut dapat dikumpulkan dan disusun untuk membentuk kata dan kalimat. Tentunya, anda bisa mengajak beberapa anak untuk melakukan permainan ini. 

4. Belajar Dengan Media

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan beberapa media untuk mengajak ajak belajar membaca. Beberapa media seperti buku cerita bergambar, kartu baca, karpet huruf dan gawai dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan kecintaan anak terhadap membaca. Bahkan, Tanoto Foundation juga membekali anda untuk mengikuti kegiatan baca bersama si kecil.

Tentunya, anda bisa memanfaatkan beberapa media ini untuk mengenalkan kepada anak bahwa membaca adalah hal yang menyenangkan. Begitu pula anda bisa mengajak anak untuk mengikuti kegiatan dari Tanoto Foundation, agar mereka dapat merasa senang dan bersemangat untuk menunjukkan diri mereka.

Itulah yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak gemar membaca sejak kecil. Tentunya, pembiasaan ini dapat dikemas dengan beberapa hal yang menyenangkan, sehingga anak tidak merasa terbebani. Bahkan, anda juga bisa menerapkan kebiasaan membaca dengan menyisipkan beberapa motivasi pentingnya membaca.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca 

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

0 komentar:

Posting Komentar