Minggu, 09 Mei 2021

Jangan Anggap Sepele! Berikut Sebab Terjadinya Pengapuran Tulang

Jangan Anggap Sepele! Berikut Sebab Terjadinya Pengapuran Tulang

Pengapuran tulang atau dalam dunia kedokteran disebut dengan osteoarthritis merupakan penyakit yang sering terjadi pada orang dewasa yang berusia di atas 60 tahun. Osteoarthritis adalah kerusakan tulang rawan yang terletak di antara tulang dan sendi. Banyak faktor yang bisa menjadi sebab terjadinya pengapuran tulang, yuk kenali lebih jauh apa saja penyebab dari penyakit ini.

Faktor Penyebab Pengapuran Tulang

1. Jenis Pekerjaan

Meski tampak tidak memiliki pengaruh, ternyata jenis pekerjaan yang anda tekuni juga berdampak pada resiko osteoarthritis. Umumnya, pekerjaan yang menuntut untuk selalu bergerak aktif bisa meningkatkan resiko penyakit osteoarthritis, seperti naik turun tangga dalam intensitas yang tinggi.

Bagi anda yang memiliki profesi dengan tingkat gerak aktif yang tinggi, sebaiknya memperbanyak konsumsi kolagen untuk menunjang kesehatan tulang. Sebab, seiring bertambahnya usia kandungan kolagen di dalam tubuh mengalami pengurangan, sehingga dapat menyebabkan kaku, nyeri, dan bengkak pada persendian.

2. Jenis Kelamin

Tahukah anda bahwa jenis kelamin juga dapat menjadi sebab terjadinya pengapuran tulang? Berdasarkan hasil penelitian WHO, satu dari lima wanita dan satu dari sepuluh pria di dunia yang berusia di atas 60 tahun mengalami osteoarthritis. Hasil ini menunjukkan bahwa wanita lebih rentan terkena penyakit pengapuran tulang daripada pria.

Pengapuran tulang umumnya diderita oleh wanita yang telah memasuki masa menopause. Ketika memasuki fase menopause, maka produksi hormon estrogen dan progesteron yang mulanya seimbang menjadi berkurang. Pengurangan produksi hormon ini dapat menyebabkan gangguan pada sel-sel sendi, seperti pengeroposan tulang dan ligamen kendur.

3. Berat Badan Berlebih

Bobot badan berlebih atau yang biasa disebut dengan obesitas tidak hanya dapat meningkatkan resiko berbagai macam penyakit, tetapi juga bisa menjadi sebab terjadinya pengapuran tulang. Tekanan yang diterima oleh tulang dan sendi akan lebih besar seiring dengan bertambahnya berat badan. Jika kondisi tulang tidak sehat, maka sangat rentan mengalami osteoarthritis.

Mengutip dari anlene.com, penderita osteoarthritis sering mengalami nyeri dan kaku di bagian sendi, seperti tangan, pinggul, lutut, leher, jari, dan punggung bawah. Jika tidak segera ditangani dengan serius, rasa nyeri dan kaku ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab, penyakit ini termasuk yang tidak bisa disembuhkan dan hanya bisa dilakukan perlambatan kerusakan tulang.

4. Adanya Kelainan Tulang

Jika anda memiliki kelainan tulang, maka kondisi tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit osteoarthritis karena terdapat gangguan pada tulang rawan. Kelainan pada tulang ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti cedera atau patah tulang, gaya hidup yang kurang sehat, dan kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Cedera yang terjadi karena kecelakaan atau olahraga bisa menjadi salah satu sebab terjadinya pengapuran tulang karena kondisi tulang tidak lagi normal seperti sebelumnya. Bagi anda yang pernah mengalami cedera sejenis itu, maka bisa melakukan upaya menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi makanan yang dapat menguatkan tulang.

5. Memiliki Riwayat Penyakit

Beberapa jenis penyakit dapat menjadi salah satu faktor meningkatnya resiko penyakit osteoarthritis. Pengapuran tulang dapat disebabkan oleh riwayat penyakit karena penyakit tersebut sangat berkaitan erat dengan perkembangan kondisi tulang. Pada umumnya, penyakit pengapuran tulang ini rentan terjadi kepada orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes tipe 2.

Beberapa sebab dari pengapuran tulang di atas adalah penyebab yang dominan terjadi. Selain sebab dominan tersebut, penyakit pengapuran tulang atau osteoarthritis juga dapat disebabkan oleh gaya dan pola hidup yang tidak sehat, seperti memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar