Rabu, 30 Juni 2021

Mengenal Apa Saja Produk Dana Pensiun Untuk Melindungi Masa Tua Anda

 
Mengenal Apa Saja Produk Dana Pensiun Untuk Melindungi Masa Tua Anda

Dana pensiun untuk masa tua sudah sepatutnya dipersiapkan sedari muda. Tubuh yang tidak lagi kuat dan rentan terserang berbagai penyakit serta penghasilan yang sudah tidak tetap membuat anda harus mempersiapkan dana lebih. Berhubungan dengan hal tersebut, sangat penting bagi anda untuk mengenal apa saja produk dana pensiun. Yuk simak ulasan lengkapnya di sini. 

Metode Untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

1. Memanfaatkan Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Pada umumnya lembaga keuangan memiliki program yang berkaitan dengan dana pensiun. Dengan begitu, anda bisa memilih salah satu program tersebut agar nantinya, di hari tua ada pemasukan yang bisa anda dapatkan dari sana. Biasanya program dana pensiun yang diberikan ini berupa investasi sehingga anda hanya perlu membayar nominal yang sama setiap bulannya. 

Dari dana yang anda berikan ini, nantinya akan dikembangkan oleh pihak lembaga keuangan. Setelah itu, dana akan dikembalikan saat anda memasuki masa pensiun. Uang yang diterima jumlahnya sesuai dengan keberhasilan investasi yang anda lakukan. Saat ini perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan program semacam ini sangatlah banyak, termasuk PFI Mega Life. 

2. Investasi dan Menabung Emas

Berusaha untuk mengenal apa saja produk dana pensiun adalah langkah cerdas untuk mempersiapkan hari tua yang tentram. Selain mengikuti program pensiun dari lembaga keuangan, anda juga bisa menyiapkan dana pensiun dengan menabung emas. Logam mulia ini cenderung memiliki harga yang stabil dan tidak terpengaruh langsung oleh inflasi. 

Banyak orang yang membuka tabungan emas karena pilihan ini dianggap lebih aman dibandingkan dengan menabung saham. Membuka tabungan ini juga tidak sulit karena hampir semua bank umum menyediakan program tersebut kepada nasabahnya. Selain itu, anda juga bisa membuka tabungan emas di Antam dan Pegadaian. 

3. Investasi Deposito

Pilihan ketiga yang bisa anda ambil adalah melakukan investasi deposito. Pilihan ini juga dinilai lebih aman untuk mempersiapkan hari tua karena tidak terganggu oleh nilai fluktuasi suku bunga. Alhasil, tabungan anda menjadi lebih aman. Lantas terkait dengan bunga, anda bisa menanyakan kepada bank yang bersangkutan sembari lebih mengenal apa saja produk dana pensiun.

Biasanya bunga yang didapat dari investasi deposito tidak lebih besar dibandingkan investasi saham. Kondisi inilah yang harus anda pahami mengingat resiko deposito juga tidak terlalu besar, sehingga keuntungan yang anda dapat juga tidak bisa terlalu tinggi. Meskipun begitu, deposito masih cocok untuk memenuhi kebutuhan lain yang tidak terduga.

4. Menggunakan Tabungan Berjangka

Selain menggunakan program pensiun dari bank umum, anda juga bisa mengalihkan pilihan ke tabungan berjangka. Lantas apa yang dimaksud dengan tabungan berjangka? Tabungan ini merupakan salah satu jenis produk simpanan dimana nasabah harus menyetorkan sejumlah uang dalam jangka waktu yang telah ditentukan. 

Besarnya bunga yang diperoleh dari tabungan berjangka ini lebih besar dari tabungan biasa, namun lebih sedikit dibandingkan deposito. Setoran awal yang diberikan juga tidak terlalu besar, sehingga anda bisa memilihnya jika kondisi keuangan saat ini masih terbatas. Untuk lebih mengenal apa saja produk dana pensiun, anda bisa datang ke bank secara langsung.  

Demikianlah sedikit penjelasan yang perlu anda ketahui terkait dengan metode mempersiapkan dana pensiun. Akan sangat disayangkan jika di masa tua anda mengalami kesulitan finansial karena tidak merencanakannya sedari muda. Atau jika tidak ingin menggunakan salah satu yang telah disebutkan tadi, anda juga bisa menabung uang secara manual. 

0 komentar:

Posting Komentar