Sabtu, 13 November 2021

Kilas Sejarah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong


Universitas MU merupakan salah satu amal usaha organisasi islam di bidang pendidikan. Menurut Pusat Data organisasi, terdapat 177 perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Salah satu universitas muhammadiyah yang bisa anda jumpai adalah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong yang ada di Papua. Berikut Ulasannya terkait Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

Sejarah Berdirinya Perguruan Tinggi


Peran Muhammadiyah dalam membentuk kehidupan negara ditandai dengan terciptanya berbagai amal pendidikan, termasuk ratusan perguruan tinggi yang kini tersebar di seluruh tanah air. Kekayaan, alumni, jaringan, dan prestasi hari ini dimulai dengan perintis bersejarah di tengah gejolak republik yang masih sangat muda saat itu.

Gagasan pendidikan tinggi dimulai tepat pada 18 November 1955. Saat itu mulai didirikan Fakultas Hukum dan Filsafat di Padang Panjang, sebagai  Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Sumatera Barat.Karena ketidakstabilan politik, proyek percontohan pertama ini menghadapi kendala serius dan membuat perguruan ini tutup selama 3 tahun. 

pada tahun 1956 Majelis Pengajaran Jakarta mengambil keputusan untuk memindahkan Fakultas Hukum dan Filsafat Padang Panjang ke Jakarta.  Nama yang ditetapkan yaitu  Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) dan diresmikan pada tanggal 18 November 1957. Pada tahun 1958, PTPG Muhammadiyah beralih menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Pada tahun 1957, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara didirikan di bawah pimpinan beberapa tokoh dan ulama.Dari Fakultas Filsafat dan Hukum Islam (FAFHIM) berkembang menjadi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada tahun 1968. Didalamnya terdapat Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas syariah, dan Jurusan dakwah.

Awalnya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UMSU merupakan cabang/kelas dari FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), namun berpisah dan merdeka pada tahun 1974. Fakultas Ilmu Agama dan Dakwah FIAD adalah cabang dari Universitas Muhammadiyah di Sumatera Barat dan kemudian berkembang menjadi Fakultas Usuluddin.

Bermula dari Padang Panjang di Sumatera Barat. PerguruanTinggi Muhammadiyah terus berkembang diberbagai wilayah Indonesia Jejaring yang dikembangkan asosiasi telah terbukti efektif dalam merintis pendidikan. Gejolak tersebut tidak menyurutkan semangat dan kerjasama para pimpinan untuk mewujudkan cita-cita kehidupan bangsa.

Universitas Al-Amin, Sorong


Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong atau  dengan singkatan (UM SORONG) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Sorong, Papua Barat. Berdirinya kampus Papua ini didukung oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi XIV (LL Dikti) di Papua Barat dan Provinsi Papua. Awal berdirinya, Universitas ini bernama Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STIA) Al Amin.

Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STIA) Al Amin berdiri pada tahun 1984. Setelah itu, terjadi beberapa kali pergantian nama. Pada tahun 2002 berganti menjadi Universitas Al Amin (UNAMIN), kemudian 2013 berubah menjadi Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang saat ini lebih dikenal dengan Universitas Muhammadiyah Sorong (UM SORONG).

Terdapat 7 Fakultas yang ditemukan di universitas ini. Bagi anda yang tertaring dengan dunia pertanian dan kelautan, bisa mencari tau lebih lanjut terkait  Fakultas Pertanian, Fakultas dan Fakultas Perikanan yang ada di Universitas Sorong ini. Dalam bidang keilmuan sosial, anda dapat menemukan Fakultas Ilmu sosial dan Politik, dan Fakultas Hukum. 

Bagi anda yang tertarik dengan bidang Keguruan, anda bisa melirik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan yang ada di Kampus Papua ini. Selain Keilmuan yang telah disebutkan diatas, anda juga dapat menemukan alternatif  pilihan lain dalam bidang teknik dan ekonomi. Universitas ini memiliki Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi Bisnis. 

Universita Muhammadiyah dapat anda temukan di berbagai wilayah Indonesia. Salah satunya adalah Univeristas Sorong ini. bagi anda yang berminat menjadi mahasiswa dari universitas ini, bisa mencoba untuk mendaftarkan diri di Univeristas cabang di Papua. Kampus ini telah dilengkapi dengan beragam fakultan dan jurusan yang bisa dipilih.

1 komentar: