Ticker

6/recent/ticker-posts

Wajib Anda Coba! 5 Makanan Khas Surabaya yang Populer dan Enak


Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang menjadi primadona untuk menjadi tempat berlibur. Hal tersebut dikarenakan banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan oleh kota tersebut. Hal lain yang pastinya akan diburu oleh pengunjung adalah makanan khas dari kota tersebut. Berikut beberapa makanan khas Surabaya yang enak dan patut dicoba.

Rekomendasi Makanan Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Kota Surabaya

1. Tahu Campur

Makanan pertama yang patut anda coba saat berlibur ke Surabaya adalah tahu campur. Yang menjadi perbedaan dari tahu campur Surabaya dengan makanan serupa lainnya adalah rasa petis pada kuah makanan tersebut. Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat tahu campur cukup mudah ditemukan.

Anda dapat mendapatkan semua bahan yang diperlukan di pasar atau supermarket terdekat. Daging sapi segar, tauge, selada air, tahu goreng, dan mie kuning merupakan bahan utama. Semua bahan tersebut dicincang halus dan diberi dengan kuah spesial yang terbuat dari bumbu dan petis.

2. Rujak Cingur

Sajian dari Surabaya yang telah terkenal hingga ke pelosok tanah air lainnya adalah rujak cingur. Bahan khas dari makanan ini adalah potongan potongan hidung dan daging sapi yang menjadi kenyal dan empuk setelah proses memasak yang lama. Jika anda menyukai makanan khas Surabaya ini, resep dan cara memasaknya cukup mudah untuk dibuat di rumah.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan cingur atau hidung sapi. Rebus cingur hingga empuk dan kenyal. Setelah itu, campurkan cingur yang telah dipotong dadu dengan irisan lontong dan sayuran. Tahap terakhir adalah menyiramkan saus kacang petis diatas campuran tersebut.

Untuk mendapatkan sensasi maksimal, anda dapat menambahkan kerupuk udang , perkedel singkong, dan sambal pada tahu campur anda. Tambahan bawang goreng untuk ditabur di atas tahu campur menjadi pelengkap yang sempurna untuk menikmati makanan khas yang satu ini. 

3. Pecel Semanggi

Jika anda pecinta makanan dengan saus kacang, maka anda wajib untuk mencoba kuliner yang satu ini. Pecel semanggi biasanya disajikan dengan daun pisang yang telah dipotong segi empat untuk menyerupai piring. Berbagai sayuran, seperti daun pepaya, kangkung, bayam, tauge, dan semanggi diperlukan untuk membuat rekomendasi makanan dari ladiestory.id ini. 

Saus kacang pecel semanggi pun cukup berbeda dengan saus kacang pada umumnya. Bahan bumbu yang diperlukan untuk membuat saus ini adalah kacang tanah goreng, ubi atau singkong rebus, gula jawa, petis, kencur, bawang merah, dan bawang putih. Semua bahan tersebut lalu dihaluskan dan dicampurkan menjadi satu. 

4. Nasi Krawu

Makanan yang satu ini juga disajikan di atas daun pisang. Nasi krawu terbuat dari jeroan sapi, suwiran daging sapi atau ayam, semur, serundeng, dan sambal terasi. Namun, untuk menikmati kuliner ini, anda harus lebih cepat di pagi hari. Hal ini dikarenakan, makanan ini biasanya hanya dijual sebagai sarapan dan sudah habis pada siang hari.  

5. Lontong Balap

Lontong balap merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang terbuat dari lontong, tahu goreng, kacang kacangan dan tauge. Lontong balap disiram dengan kuah bening dan ditaburi bawang goreng sebagai pelengkap. Rekomendasi dari ladiestory.id ini akan lebih nikmat dengan tambahan sambal terasi.

Selain mengunjungi destinasi wisata di Kota Surabaya, hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah berburu kuliner khas dari kota tersebut. Kuliner asli Surabaya yang sangat populer di Indonesia adalah rujak cingur. Namun anda juga wajib untuk mencoba makanan lainnya, seperti tahu campur, petis semanggi, lontong balap dan nasi krawu.

Posting Komentar

0 Komentar