Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih


Infeksi saluran kemih adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang laki-laki ataupun perempuan. Adanya infeksi ini disebabkan adanya bakteri E coli, ataupun penyakit menular lainnya seperti klamidia, virus, dan juga jamur. Lalu bagaimana cara mengobati infeksi saluran kemih ini? penasaran? berikut ini ada paparan lengkapnya untuk anda.


5 Cara Mengobati Penyakit Infeksi Saluran Kemih 

1. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih ini, salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi air putih. Mungkin hal yang satu ini sangatlah sepele, namun pada kenyataanya mampu menghilangkan berbagai penyebab penyakit dengan mudah.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwasannya dengan rajin mengonsumsi air putih sebanyak delapan hingga sepuluh gelas mampu menghilangkan bakteri dan juga virus melalui urin. Banyak yang beranggapan jika terlalu sering keluar urin ini menjadi ciri terjadinya penyakit, namun faktanya justru akan menghilangkan bakteri yang ada.

Selain harus rajin minum air putih, agar anda bisa terhindari dari penyakit infeksi saluran kemih ini adalah untuk lebih mengurangi berbagai cairan keras. Misalnya cara mengobati infeksi saluran kemih ini dengan mengonsumsi  minuman yang mengandung kafein mulai dari kopi, soda, dan juga teh. Anda juga disarankan untuk menghindari minuman beralkohol dan terlalu manis.

2. Mengkonsumsi Jus Cranberry

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit infeksi ini lainnya adalah dengan meminum jus cranberry tanpa menggunakan gula. Jus cranberry ini memiliki cara kerja yang sangat efektif dalam mengatasi penyakit kemih ini. Dimana ia bakal mencegah masuknya bakteri ke dalam kemih, sehingga infeksi tidak akan pernah terjadi.

Dalam sebuah riset menyatakan, bahwasannya sekitar tahun 2016 ada seorang wanita dengan riwayat penyakit infeksi saluran kemih. Kemudian ia rutin mengonsumsi minuman cranberry sekitar 240 ml setiap hari selama 24 minggu. Dari situ di hasilkan bahwa ia memiliki resiko rendah dalam penyakit infeksi saluran kemih daripada sebelumnya.

3. Menambah Asupan Vitamin C Bagi Tubuh 

Langkah lain dalam tata cara mengobati infeksi saluran kemih adalah dengan menambah asupan akan vitamin C ke dalam tubuh. Sebab kandungan yang ada dalam vitamin C ini sangat baik bagi kesehatan organ manusia, dan pastinya mampu menangkal berbagai penyakit, salah satunya ISK atau infeksi saluran kemih.

Penyebab lain mengapa vitamin C ini mampu mengatasi penyakit ISK adalah karena kandungannya bisa meningkatkan keasaman. Sehingga kedepan mampu membunuh bakteri yang menyebabkan ISK. Bahkan vitamin C ini juga memiliki peran sebagai perlindungan bagi kesehatan tubuh dari berbagai penyakit, salah satunya ISK.

4. Menggunakan Probiotik

Asal anda tahu, bahwasannya probiotik adalah bakteri baik yang didapatkan dari makanan baik fermentasi ataupun suplemen. Dalam riset menunjukkan, bahwasannya lactobacillus adalah bakteri baik yang di gadang-gadang mampu mencegah berbagai penyakit, salah satunya infeksi saluran kemih.

5. Memakai Kompres Panas

Cara mengobati infeksi saluran kemih yang terakhir adalah dengan melakukan kompres panas. Dengan melakukan kompres ini rasa sakit akibat peradangan di kandung kemih. Lalu bagaimana cara mengoperasikannya? Caranya adalah dengan meletakkan air panas ke dalam botol, jika sudah, maka lapisi luar botol dengan  kain dan gunakan pada area kandung kemih.

Itu tadi ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit infeksi saluran kemih. Kelima cara yang di maksud antara lain adalah banyak mengonsumsi air putih, mengkonsumsi jus cranberry, menambah asupan vitamin c, menggunakan probiotik, dan yang terakhir adalah memakai kompres panas. 

Posting Komentar

0 Komentar