Ticker

6/recent/ticker-posts

Gangguan Neuropati: Bunda, Jangan Biarkan Pahlawan Keluarga Mengalaminya!

neurobion.com

Kesemutan menjadi salah satu hal yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Namun apa jadinya kalau rasa kesemutan tersebut terlalu sering terjadi? Jangan sampai diabaikan. Terlebih lagi untuk kepala keluarga yang harus menjadi "pahlawan" bagi buah hati. 

Bunda tentu ingin memberikan hal yang terbaik untuk anak dengan melakukan berbagai aktivitas untuk masa depannya. Saat gangguan kesehatan terjadi tentunya bisa mengurangi produktivitas kita sebagai pahlawan di keluarga. Masalah neuropati yang memicu kesemutan jangan dianggap sepele.

Jangan biarkan gangguan Neuropati mengganggu aktivitas Ayah sebagai "Neurohero" keluarga. Apalagi, jika memang pekerjaannya cukup menguras fisik. Sekarang ini banyak penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf yang diawali gejala kesemutan. Bunda sebagai istri, tentu ingin pasangan tetap sehat sehingga bisa bersama-sama membangun keluarga dan membesarkan buah hati dengan baik.

Penyebab Sering Mengalami Kesemutan

Kesemutan biasanya ditandai dengan rasa kebas atau ada sensasi lainnya seperti tertusuk jarum dan tergelitik. Gejala ini memang bisa terjadi pada bagian tubuh manapun namun yang paling sering mengalaminya di bagian tangan dan kaki. Kondisi tersebut memang kadang tidak menimbulkan sakit berlebih, akan tetapi membuat aktivitas tidak nyaman.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab atau pemicu gangguan neuropati berupa rasa kesemutan ini yang perlu Anda ketahui seperti berikut:

  • Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Penyebab pertama kesemutan bisa karena Carpal Tunnel Syndrome. Umumnya, ini terjadi pada mereka yang dalam kesehariannya sangat aktif dalam pekerjaan terutama dengan menggunakan tangan. Pada bagian dalam "terowongan" ini ada sarafnya dianus yang perlahan-lahan tertekan karena aktivitas tangan terus menerus. 

  • Kekurangan Vitamin

Mereka yang mengalami kesemutan bisa juga dipicu kurangnya vitamin B1,B6 DAN B12. Jika terjadi, keluhan yang dirasakan antara lain kebas dan sensasi menggelitik terutama di bagian tangan atau kaki. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks yang berasal dari sayuran hijau, telur, salmon, hati, dan lain-lain. Jika diperlukan, konsumsi juga suplemen nutrisi saraf. 

  • Karena Cedera

Pada beberapa kasus, sensasi kesemutan parah, mati rasa, atau terbakar bisa menjadi indikasi adanya cedera serius. Bunda bisa meminta bantuan tenaga medis jika kesemutan terjadi setelah jatuh atau mengalami kecelakaan. Jangan biarkan Neurohero keluarga ini kondisinya semakin parah. 

Ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan misalnya ada cedera leher, punggung, atau kepala, lemah atau merasa sakit, kehilangan kesadaran meskipun sebentar, bicara cadel, penglihatan kabur, atau tubuh terasa lemah dan sakit.

Tips Mencegah Gangguan Neuropati Atau Kesemutan

Gangguan neuropati atau kesemutan memang bisa dialami siapapun, dan termasuk ayah sebagai Neurohero keluarga. Oleh karena itu, bunda harus mengetahui bagaimana cara pencegahannya. Misalnya, dengan merekomendasikan pola makan sehat.

Jika memang menderita kekurangan vitamin, bisa memberikan suplemen untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi saraf. Sementara itu jika kesemutan terjadi pada jari tangan karena CTS dan keadaannya sudah parah, mungkin perlu dilakukan tindakan pembedahan.

Atau memang kalau mengalami gangguan kekebalan tubuh, maka dari dokter bisa membantu meringankan gejalanya dengan memberikan obat-obatan. Tindakan medis yang tepat hanya bisa diputuskan setelah dokter melakukan proses diagnosis dari serangkaian hasil tes kesehatan yang dilakukan.

Sebagai pahlawan dan inspirasi keluarga, ayah memang dituntut harus selalu sehat dan terhindar dari gangguan neuropati. Menerapkan gaya hidup sehat, gizi seimbang, istirahat cukup, menghindari stress, serta minum multivitamin akan mengurangi resiko kesemutan serta gangguan neuropati lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar