Ticker

6/recent/ticker-posts

Tiang Infus Sebagai Alat Multifungsi Dalam Perawatan Pasien


Sebagai orang awam pasti kita mengetahui dan mengenal salah satu alat yang sering digunakan untuk perawatan di rumah sakit yakni Tiang infus. Tiang infus ini biasa digunakan sebagai tempat untuk menggantung cairan infus dan biasanya ditempatkan pada sebelah kasur pasien.

Saat kita berada pada rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, tidak jarang kita mengharapkan perawatan secara maksimal di rumah sakit, salah satu alat ini digunakan hampir keseluruhan di rumah sakit. Setiap dan masing-masing pasien selalu ditempatkan di sebelah peralatan ini, kegunaan peralatan ini juga sebanding dengan jumlah pasien yang ada pada rumah sakit. 

Tiang infus juga sebagai salah satu alat yang menunjang kenyamanan pasien yang sedang dirawat, karena dengan adanya tiang infus ini pasien dengan mudah berpindah tempat. Contohnya saja jika pasien ingin ke kamar mandi. Maka, pasien dapat dengan mudah berpindah tanpa banyak meminta bantuan perawat, hanya dengan memindahkan tiang infus yang berada di sebelahnya. 

Beragam bentuk dari tiang infus saat ini sangatlah bermacam-macam, biasanya yang kita temui adalah tiang infus yang berbentuk stainless, namun dengan keberagaman inovasi juga ada terdapat tiang infus yang portable begitupun dengan roda yang sangat beragam. Berbagai infus juga memiliki ragam bentuk roda yang berbeda. Ada yang memiliki roda 3, 4 dan juga 5 roda. 

Meskipun memiliki perbedaan yang tidak banyak namun tiang infus memiliki fungsi yang sama sebagai tempat untuk menggantungkan cairan yang dialirkan keseluruh badan pasien, Tiang infus stainless yang biasanya paling banyak digunakan oleh rumah sakit biasanya tiangnya paten dan tidak dapat di sesuaikan dengan tinggi pada bed pasien. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari tiang infus portable yang anda bisa pertimbangkan dalam memilih tiang infus:

Tiang Infus Portable dapat diatur tinggi rendah sesuai dengan standar pada tiang infus di rumah sakit 

Tidak semua tiang infus dapat Anda gunakan dan atur menggunakan standar yang ada, beberapa tiang infus yang ada dan biasanya menggunakan tiang infus paten yang tidak dapat dinaik-turunkan ketinggiannya. Namun memang beberapa kelebihannya lebih awet digunakan karena tidak akan gampang rusak jika digunakan. Pada tiang infus portable dilengkapi dengan pengunci draft yang dapat dengan mudah diputar secara manual, ada yang terbuat dari plastik dan juga stainless tergantung pada penggunaan dan kebutuhannya.

Beberapa komponen yang ada pada tiang infus biasanya terdiri dari beberapa komponen penting dan standart pada tiang infus, pertama adalah adanya pengait larutan infus yang berfungsi untuk menggantungkan cairan agar tidak mudah jatuh. Biasanya pengait pada tiang infus ini terdiri dari 2 atau 4 kaitan. Kemudian kedua adalah tiang penyangga infus yang berfungsi sebagai penyangga cairan yang dapat diatur ketinggiannya tergantung anda menggunakan tiang infus portable atau menggunakan tiang infus paten.

Komponen yang lain adalah alas dan roda yang berfungsi sebagai penyangga dari tiang infus. Jumlahnya biasanya tergantung dengan kebutuhan masing-masing rumah sakit, klinik atau puskesmas. Ada yang memiliki alas 4 dan juga ada yang 5 dan hal itu juga berpengaruh dengan roda yang akan dipasang. Misal jika tiang infus yang anda gunakan terdiri dari 4 maka roda yang digunakan juga 4 begitu pun jika 5 alas yang digunakan maka roda yang terpasang maka 5.

Berikut adalah beberapa ulasan mengenai tiang infus yang sangat berguna dan dibutuhkan ketika melakukan perawatan di rumah sakit atau puskesmas, tergantung dengan keinginan dari pemakaian, Anda bisa menggunakan salah salah satu dari beberapa pilihan yang tersedia.

Posting Komentar

0 Komentar